Bamsoet Melecut Keberhasilan Golkar di Pemilu Legislatif dan Presiden 2024

by -95 Views

Senin, 11 Maret 2024 – 18:32 WIB

Jakarta – Keberhasilan Partai Golkar dalam Pemilu dan Pilpres 2024 dianggap sebagai hasil dari kerja cerdas seluruh kader mulai dari ketua umum hingga akar rumput. Pada Pemilu, Golkar berada di posisi kedua dalam perolehan kursi DPR, bersaing dengan PDI Perjuangan (PDIP).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo alias Bamsoet, mengapresiasi keberhasilan Golkar. Berdasarkan hasil sementara rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024, Golkar berada di posisi dua besar. Di Pilpres, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang diusung Golkar berhasil meraih suara terbanyak dibandingkan dengan dua pasangan calon rivalnya.

“Keberhasilan Partai Golkar dalam meraih suara dalam pemilihan legislatif dan pemilihan presiden merupakan hasil kerja cerdas seluruh kader Partai Golkar di Indonesia, mulai dari Ketua Umum hingga akar rumput,” kata Bamsoet, setelah menghadiri rapat pleno Partai Golkar di Jakarta, pada Minggu, 10 Maret 2024.

Dia menyatakan bahwa pencapaian Golkar dalam Pemilu 2024 ini juga menunjukkan bahwa mesin partai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga pusat, serta ormas pendiri mampu bergerak secara masif.

“Dari hasil sementara rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 oleh KPU RI, dipastikan kursi Partai Golkar di DPR RI mengalami kenaikan,” ujar mantan Ketua DPR tersebut.

Bamsoet menjelaskan bahwa pada Pemilu sebelumnya, yaitu tahun 2019, Golkar meraih 85 kursi DPR RI. Namun, pada Pemilu kali ini, kursi Golkar di DPR RI diprediksi bisa melampaui 100 kursi. “Partai Golkar mendominasi suara di 15 provinsi,” ujar Bamsoet.

Selanjutnya, Golkar akan fokus pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024. Airlangga mengatakan bahwa Golkar telah merekomendasikan 1.040 penugasan untuk Pilkada 2024, mulai dari penugasan untuk calon bupati hingga calon gubernur.

Menurut Bamsoet, hasil Pileg 2024 akan menjadi acuan bagi Golkar dalam berkompetisi pada Pilkada 2024. Partai akan memastikan kesiapan calon yang akan diusung untuk bertarung pada Pilkada yang diadakan pada November 2024.

“Tentunya, Partai Golkar akan berusaha mengulangi kesuksesan meraih kemenangan di Pilkada, sesuai dengan keberhasilan dalam pemilihan legislatif Pemilu 2024,” ucap Bamsoet.