JK Meluncur Dukung Anies-Muhaimin di 2024, Rayuan Ganjar ‘Tidak Diterima’

by -117 Views

Rabu, 20 Desember 2023 – 12:52 WIB

Makassar – Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, Jusuf Kalla alias JK memberikan dukungan kepada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Sikap politik JK resmi mendukung pasangan yang disingkat sebagai Amin tersebut.

JK mendukung Amin untuk memenangkan Pilpres 2024 dan menolak tawaran Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang diusung oleh PDIP.

Juru Bicara JK, Husain Abdullah, menyatakan bahwa JK selama ini selalu menyatakan netral. Namun, sebagai warga negara, JK memiliki tanggung jawab moral dan tetap memiliki hak dalam pilihan politik.

Meskipun demikian, JK saat ini telah memilih untuk mendukung pasangan Amin. Dukungan itu disampaikan langsung oleh JK saat berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Selasa 19 Desember 2024.

Husain menjelaskan bahwa dukungan yang diberikan oleh JK didasarkan pada rekam jejak Anies Baswedan. JK menilai Anies sebagai figur yang tepat untuk memimpin Indonesia.

Sementara itu, Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo sebelumnya berusaha merayu JK agar mendukungnya di Pilpres 2024. Namun, dukungan tersebut sepertinya belum dikabulkan oleh JK.

Dalam pertemuan dengan JK, Ganjar mengatakan bahwa mereka harus menjaga persatuan meskipun mempunyai pilihan yang berbeda. Ganjar pun mengungkapkan bahwa meskipun pilihan politik mereka mungkin berbeda, persatuan harus tetap dijunjung.

JK yang mendengar pernyataan Ganjar hanya tersenyum sambil merespon singkat. Lalu, JK menepuk pundak Ganjar sebanyak dua kali. “Aiih, boleh,” jawab JK sambil menepuk pundak Ganjar sebanyak dua kali.