Debat Pertama Capres, Prabowo Bicara dengan Gaya Bahasa yang Sederhana dan Ide-idenya Mudah Dipahami

by -135 Views

Jumat, 15 Desember 2023 – 03:26 WIB

Jakarta – Debat pertama dari Calon Presiden atau capres yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa, 12 Desember 2023 masih menjadi perhatian publik. Tiga capres menyampaikan argumennya dalam visi misi hingga saat saling sanggah.

Ketua Umum G-Nesia Diah Warih Anjari menyampaikan bahwa capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, menjadi sorotan karena dinilai memiliki program kerja yang paling konkret and dapat dimengerti oleh masyarakat dalam hal tema hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi dan penguatan demokrasi. Menurutnya, Prabowo mampu menyampaikan gagasannya secara sederhana dan tidak beretorika seperti peserta lainnya.

“Saya hadir di tengah-tengah acara debat capres, melihat secara langsung bagaimana mereka beradu gagasan, menyampaikan visi misi secara mendalam dan saling tanya jawab,” kata Diah Warih, Kamis malam, 14 Desember 2023.

Menurut Diah Warih, Prabowo merupakan capres yang paling menonjol dalam debat kali ini. Gagasan dan tanya jawab yang disampaikan oleh Menteri Pertahanan tersebut mudah untuk dicerna oleh masyarakat.

Dia juga mempertanyakan capres lainnya yang cenderung menggunakan bahasa yang sulit dimengerti dalam tanya jawab. Sebagai contoh, saat Prabowo bertanya kepada Capres nomor urut 1, Anies Baswedan soal penanganan polusi di DKI Jakarta selama menjabat Gubernur periode 2017-2022.

Prabowo merupakan capres nomor urut 2 yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka. Duet capres cawapres tersebut diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang didukung Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, PBB, Gelora, Garuda, dan Prima.