Kesejahteraan Masyarakat melalui Pelayanan Publik

by -43 Views

Medan, VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut telah menetapkan tema debat pertama dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut tahun 2024. Tema debat tersebut adalah Pelayanan Publik dan Kesejahteraan Masyarakat.

Debat pertama antara Bobby Nasution-Surya dan Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala akan berlangsung di Hotel Grand Mercure, Kota Medan, pada Rabu, 30 Oktober 2024.

Adapun subtema dari debat pertama ini meliputi pelayanan publik, seperti isu ketersediaan layanan kesehatan, fasilitas kesehatan, ketersediaan dokter di daerah, dan digitalisasi layanan kesehatan.

Selain itu, subtema lainnya adalah pelayanan pendidikan, pemerataan angka partisipasi pendidikan, pendidikan inklusi, digitalisasi dalam pendidikan, dan ketersediaan guru di tingkat daerah.

Selanjutnya, debat akan membahas optimalisasi pelayanan administrasi birokrasi atau digitalisasi, efisiensi, pengawasan, isu KKN, pungli, dan good governance. Kemudian, mengenai kesejahteraan masyarakat, debat akan membahas pengentasan kemiskinan, disparitas antar wilayah, lapangan pekerjaan, pemberdayaan masyarakat desa/kota, dan gelandangan/pengemis.

Tema debat ini merupakan upaya dari KPU untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait program-program dan visi misi dari pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut nomor urut 1, Bobby Nasution-Surya, dan nomor urut 2, Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala.

Diskusi untuk tema debat kedua dan ketiga masih dalam tahap pembahasan internal dan akan segera diumumkan oleh KPU Sumut. Demikianlah informasi terkait debat pertama dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut tahun 2024.