Acil Odah: Pesan Semangat Harmoni Hijau untuk Perempuan Banjar ketika Menanam Pohon

by -105 Views

Acil Odah Memberikan Pesan yang Antusias kepada Perempuan Banjar di Lokasi Penanaman Pohon

Banjarbaru—Ketua TP PKK Kalimantan Selatan yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Hj. Raudhatul Jannah (Acil Odah) menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Kartini di Taman Hujan Tropis Indonesia, Perkantoran Pemprov Kalsel pada Senin (22/4/2024) pagi.

Didampingi oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin, Acil Odah menanam secara simbolis 2 batang pohon sekaligus melepas burung pipit sebagai simbol kebebasan seorang perempuan dalam hidupnya.

Pada kesempatan tersebut, Acil Odah mendorong nilai-nilai Kartini Banjar menjadi corong perjuangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ia ingin agar peringatan ini menjadi motivasi bagi perempuan untuk dapat berdaya di tengah-tengah perubahan zaman.

“Perempuan-perempuan Banjar ini memiliki andil yang besar. Terhadap perempuan di dunia, tak terkecuali di Kalsel. Benar, bukan? Kunci dari perempuan, karena banyak anak adalah perempuan. Jika anak-anak ingin terkontrol, maka perempuan memiliki peran yang penting,” ucapnya saat penanaman.

Tanpa mengesampingkan peran laki-laki, Acil hanya ingin menekankan peran perempuan dalam kehidupan, termasuk dalam pengambilan keputusan dan menjadi motivator di dalam keluarga.

“Peran perempuan tidak boleh melebihi peran suami. Kita perlu menghormati dan mendorongnya. Perempuan adalah tiang dan mitra bagi suami,” pesan Acil Odah.

Selanjutnya, Acil Odah menyarankan agar perempuan Banjar harus taat kepada suami. Seperti dirinya sebagai istri Gubernur Kalsel Paman Birin, dalam mendukung dan mendoakannya selalu.

Acil menambahkan, jika suami memiliki kekurangan, maka istri melengkapinya dan sebaliknya. Ia selalu menekankan peran perempuan dalam keluarga, agar tercipta keharmonisan dan kesejahteraan dalam menjalani kehidupan.

“Arti dari penanaman bersama perempuan adalah bahwa peran perempuan juga sebagai seorang yang melahirkan, tentu akan meningkatkan pertumbuhan anak. Oleh karena itu, kita memerlukan banyak oksigen. Dengan menanam pohon, kita dapat menyediakan udara yang segar,” ujar Acil Odah.

Seperti yang diungkapkan oleh Acil Odah, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Fatimatuzzahra, Hari Kartini memiliki makna bahwa perempuan berani keluar dari zona nyaman. Perempuan mampu mengambil peran penting di luar sana.

“Kegiatan ini melibatkan 2.500 orang, dengan 90% perempuan, yang artinya hidup perempuan Banjar,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Fatimatuzzahra menyatakan bahwa peringatan ini merupakan momen penting bagi perempuan, sehingga perlu disuarakan di panggung ini. Namun, ia juga tidak melupakan peran laki-laki sebagai pendamping hidup perempuan.

“Seperti peran Acil Odah sebagai istri Gubernur Kalsel, Paman Birin. Kita patut mencontoh sosok seperti Acil Odah ini, beliau sangat inspiratif,” ujarnya.

Fatimatuzzahra juga berharap agar tanaman yang ditanam dapat tumbuh subur. Kedepannya, ribuan tanaman tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Cuaca hari ini sangat mendukung. Semoga Allah memberkahi agar tanaman-tanaman ini dapat tumbuh subur dan bermanfaat bagi manusia, hewan, maupun lingkungan di bumi,” tutupnya.

Sebagai informasi, penanaman pohon ini mengusung tema “Perempuan Menanam”. Acara tersebut dihadiri oleh Paman Birin bersama Acil Odah, Direktur Bank Kalsel, Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Forum Anak Provinsi Kalsel, dan Kelompok Tani Perempuan.

#Lingkungan, #RA Kartini, #Paman Birin, #Pemprov Kalsel,

Source link