Mas Anies Tidak Bermaksud untuk Maju dalam Pilkada

by -65 Views

Hari ini, 21 April 2024 – 00:04 WIB

Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengklaim bahwa pasangannya, calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan tidak memiliki niat untuk maju dalam pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Tidak ada satu sikap atau satu niat dari Mas Anies untuk maju di Pilkada karena detik ini tidak terlintas pun untuk maju Pilkada,” kata dia, Sabtu, 20 April 2024.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berdalih bahwa Anies dan dirinya masih fokus menunggu putusan hasil sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya, hal itu harus diselesaikan.

Cak Imin menambahkan bahwa partainya juga belum memutuskan siapa yang akan mereka dukung dalam Pilkada 2024, baik itu di DKI Jakarta, Jawa Barat, hingga Jawa Timur, dan daerah lainnya. Namun, partainya telah membuka pendaftaran bagi masyarakat yang berkeinginan untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024.

“Kami hanya bisa menunggu, siapa saja yang mendaftar, lalu kita uji, kita libatkan tokoh-tokoh untuk melakukan uji publik dan kita beri keleluasaan tokoh-tokoh untuk menentukan. Jadi, penentuannya nanti bukan hanya semata-mata ditentukan oleh PKB. Tapi benar-benar ditentukan oleh harapan masyarakat pada umumnya. Tentu faktor elektoral menjadi salah satu pertimbangan. Sekali lagi saya tegaskan, tidak hanya faktor kader. Faktor kader hanya salah satu pertimbangan,” kata dia lagi.