Anwar Abbas Mendukung AMIN Tanpa Melibatkan Muhammadiyah

by -448 Views

Sabtu, 2 Desember 2023 – 02:16 WIB

Jakarta – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbas, menyatakan dukungannya terhadap pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dalam Pilpres 2024. Namun, ia mengklarifikasi bahwa dukungan yang diberikannya merupakan dukungan pribadi dan bukan atas nama Persyarikatan Muhammadiyah.

Muhammadiyah tidak terlibat dalam politik praktis untuk mendukung kandidat tertentu. Oleh karena itu, Anwar Abbas hanya mendukung pasangan yang didukung oleh Koalisi Perubahan dari Nasdem, PKB, dan PKS sebagai individu pribadi.

Wakil Ketua Umum MUI tersebut juga menjelaskan bahwa kader Muhammadiyah yang mendukung atau menjadi tim sukses pasangan calon presiden tidak diperbolehkan menggunakan nama Persyarikatan Muhammadiyah.

Anwar Abbas memberikan dukungan kepada pasangan AMIN setelah melihat presentasi dan visi misi dari Anies Baswedan. Hal tersebutlah yang membuatnya memilih mendukung pasangan calon nomor urut 1 di Pemilu 2024.

Sebelumnya, Anies Baswedan juga menyatakan bahwa dirinya mendapatkan dukungan dari Anwar Abbas dalam Pilpres 2024. Dukungan tersebut terlihat dengan kehadiran tokoh senior dan ketua PP Muhammadiyah dalam silaturahim nasional relawan Garda Matahari di Jakarta.

Demikian pula, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin juga mengatakan bahwa ia sudah mendapatkan dukungan dari Anwar Abbas sejak beberapa bulan yang lalu. Meskipun Anwar Abbas merupakan pengurus MUI dan pengurus pusat Muhammadiyah, namun secara pribadi ia telah menggunakan hak politiknya untu mendukung pasangan calon tersebut.