Membuat Cacing Menjadi Naga, Dan Naga Menjadi Cacing!

by -129 Views

Senin, 20 November 2023 – 04:36 WIB

Jakarta – Menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, hasil survei menunjukkan persaingan dalam perebutan kursi RI-1 dapat selesai dalam satu putaran. Menurut survei, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berpotensi memenangkan dalam satu putaran.

Menanggapi hal ini, Ketua DPP Nasdem dan Tim Sukses Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Willy Aditya menegaskan bahwa survei adalah gambaran data. Dia mengkritik riset survei yang tidak lagi bersifat prediktif.

Willy kemudian mengaitkan bahwa di DPR saat ini tengah menginisiasi revisi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik. Menurutnya, konteks seperti ini harus dibenarkan karena memiliki nalar ilmiah dengan pendekatan saintifik yang jelas.

Willy juga heran dengan lembaga survei yang dalam praktiknya mengayunkan isu. Menurutnya, survei Utting Research dari Australia menunjukkan bahwa 81 persen rakyat menginginkan perubahan.

Menurutnya, survei tersebut menunjukkan bahwa ada perubahan yang diinginkan oleh 80 persen rakyat, terutama generasi milenial dan gen Z yang resah terhadap masalah lapangan pekerjaan yang sangat akut.

Pada akhirnya, Willy menegaskan bahwa hasil survei yang beredar saat ini harus diverifikasi dengan teliti.