Selama ini Berayun Seperti Digantung Saja

by -52 Views

Rabu, 4 September 2024 – 05:48 WIB

Jakarta, VIVA – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengisyaratkan kemungkinan membentuk partai politik baru untuk menyuarakan aspirasi pendukungnya. Jika mendirikan partai politik, Anies dapat mendapatkan dukungan dari pengamat politik Rocky Gerung.

Baca Juga :

Bobby Nasution: Hubungannya Penangkapan Zahir dengan Saya Apa?

Menurut Rocky, antusiasme dari pendukung Anies harus disalurkan melalui sebuah lembaga formal. Menurutnya, dalam politik, aspirasi harus disuarakan secara formal.

“Aspek formalitas ini dapat dialirkan melalui partai politik,” kata Rocky dalam akun YouTube resmi Rocky Gerung yang dikutip pada Rabu, 4 September 2024.

Baca Juga :

Raja Juli: Kaesang Sudah Ngantor ke DPP PSI Tandatangani Berkas Rekomendasi

Rocky menyatakan bahwa dengan mendirikan partai politik atau organisasi kemasyarakatan, Anies dapat menampung berbagai aspirasi yang berlebihan sejak Pemilu 2024. Dengan adanya partai politik, akan ada legitimasi dalam berpolitik.

“Tidak perlu menunggu momen pemilu berikutnya. Anies harus menyiapkan infrastruktur politiknya sekarang,” ujar Rocky.

Baca Juga :

Jika Terpilih, Pramono-Rano Bakal Naikkan Operasional RT-RW 2 Kali Lipat

Menurut Rocky, Anies sudah memiliki pemikiran yang lengkap sehingga dapat didukung legitimasi dari partai politik.

“Dia memiliki ‘software’ yang lengkap, seperti pendidikan tinggi, kecerdasan intuisi, dan beragam dukungan legitimasi,” lanjut Rocky.

Pengamat politik Rocky Gerung

Pengamat politik Rocky Gerung

Rocky setuju dengan pendapat Anies bahwa institusi diperlukan untuk mendapatkan legitimasi. “Namun, bukan institusi yang menghasilkan legitimasi. Tidak,” jelas Rocky.

Selain itu, dia menambahkan bahwa jika Anies ingin memperkuat kekuatan politik melalui institusi partisipasi, maka dia perlu mendirikan partai politik. Dengan adanya partai politik, dukungan akan lebih mudah didapatkan.

Apalagi, Anies masih terkait dengan Pilpres 2029. Menurut Rocky, mendirikan partai politik merupakan langkah yang baik untuk memanfaatkan dukungan yang berlebih.

“Ini adalah cara yang baik untuk memulai dengan memanfaatkan dukungan yang berlebih atau potensi dukungan dengan menyalurkannya melalui partai politik. Dan, ini bisa berlangsung selama 5 tahun ke depan,” lanjut Rocky.

Selain itu, ia menyatakan bahwa dengan mendirikan partai politik, Anies dapat memulai segalanya dari awal.

“Anies terlihat memulai semuanya dari awal karena akarnya kuat,” katanya.

Dia menyatakan bahwa selama ini Anies terlihat bergantung pada elite partai politik. “Selama ini, Anies terlihat seperti bergoyang-dan-digantung sehingga tidak benar-benar merasakan tanah di bawah kakinya dan pikirannya berada di ranah elite,” kata Rocky.

Kapan waktu yang tepat bagi Anies untuk mendeklarasikan pendirian partai politik jika memang benar ingin melakukannya? Menurut Rocky, deklarasi adalah bagian dari persiapan teknis.

Namun, ia menyarankan agar Anies mendeklarasikan partai politiknya pada tanggal 20 Oktober 2024, saat pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih.

“Akan terasa dramatis jika Anies mendeklarasikan partai politiknya pada saat pelantikan Prabowo, saat Jokowi berhenti sebagai Presiden pada tanggal 20 Oktober. Pada hari bersejarah tersebut, Anies juga dapat mendeklarasikan partainya,” ujar Rocky.

Halaman Selanjutnya

Sumber : Dok. PKS

Halaman Selanjutnya