Peristiwa Politik yang Terjadi Menjelang Pilkada

by -57 Views

Minggu, 21 Juli 2024 – 02:10 WIB

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang menyelidiki dugaan kasus korupsi di Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto juga mengomentari hal tersebut.

KPK kabarnya akan memeriksa Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu alias Mbak Ita. Pemeriksaan dilakukan sesuai dengan kebutuhan penyidik.

Hasto menjelaskan bahwa pemeriksaan KPK terhadap Mbak Ita sering terjadi. Apalagi, kata Hasto, saat ini sudah menjelang Pilkada 2024.

“Sebenarnya secara historis jelang pilkada serentak memang ada berbagai dinamika politik hukum yang digerakkan oleh kebenaran. Kepentingan politik lain ini yang terjadi dalam pilkada-pilkada sebelumnya,” kata Hasto kepada wartawan di Jakarta Pusat, Sabtu 20 Juli 2024.

Hasto juga menyinggung kasus dugaan korupsi di NTT yang diusut KPK jelang Pilkada 2018. Saat itu, calon gubernur yang didukung PDIP, Marianus Sae, tiba-tiba dijadikan tersangka oleh KPK. Momen itu juga dekat dengan waktu pemilihan gubernur NTT. Akibatnya, PDIP mengalami kekalahan.

“Dalam kasus ini, KPK sudah melakukan proses penggeledahan di sejumlah wilayah kota Semarang, Jateng. Sejumlah dokumen perubahan APBD dan barang elektronik pun diamankan penyidik KPK dalam penggeledahan.”

KPK menyampaikan bahwa dugaan kasus korupsi di Semarang terkait dengan pengadaan barang dan jasa, pemerasan, dan gratifikasi. Namun, KPK masih belum mengumumkan secara resmi hasil penggeledahan tersebut dan tersangka dalam kasus korupsi belum diumumkan ke publik secara resmi.