Beri Dukungan Bermartabat dan Hindari Penyebaran Hoax

by -143 Views

Selasa, 28 November 2023 – 20:52 WIB

Jakarta – Tahap kampanye Pemilu 2024 telah dimulai sejak Selasa, 28 November 2023 dan akan berlangsung selama 75 hari ke depan. Seruan untuk menyambut kampanye Pemilu 2024 dengan sukacita dan riang gembira, tanpa menyebarkan informasi palsu alias hoax, selalu disuarakan.

Salah satunya disampaikan oleh Anggota DPR Fraksi PKB Siti Mukaromah alias Erma. Dia menyatakan bahwa pemilu merupakan pesta demokrasi lima tahunan yang perlu disambut dengan penuh sukacita dan riang gembira. Dia menegaskan bahwa pemilu tidak boleh disambut dengan sikap negatif, saling sindir, dan saling melecehkan satu sama lain. Erma menyampaikan hal tersebut dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 di Banyumas, Jawa Tengah.

“Sambut pemilu dengan sukacita dan riang gembira. Memberi dukungan kepada pilihan masing-masing tanpa mencela, menghina, dan jangan sampai menyebarkan berita hoax,” kata Erma dalam keterangannya pada Selasa, 28 November 2023.

Dia mengatakan bahwa masyarakat perlu menjaga persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan pemilu yang jujur, adil, aman, dan damai dalam koridor keutuhan NKRI. Apalagi, kata Erma, saat ini media penyebarluasan informasi sangat mudah. Namun, dalam perkembangan teknologi yang pesat, kini informasi sudah dapat disebarkan melalui layar sentuh di handphone.

“Konfirmasi kebenarannya, bijaklah dalam menyebarluaskan informasi. Kalau memang menerima informasi negatif, apalagi hoax, berhentilah menyebarkannya. Saring sebelum menyebarkannya,” ujar Erma.

Pun, dia berharap agar masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut juga bisa mengimbau keluarga, kerabat, atau orang terdekat untuk mengikuti seluruh tahapan Pemilu, khususnya menggunakan hak pilih pada 14 Februari 2024.