PDIP Yakin Mahfud MD Tidak Menyalahgunakan Kekuasaan Setelah Menjabat Sebagai Cawapres dan Memiliki Jabatan Ganda

by -125 Views

Sabtu, 28 Oktober 2023 – 03:10 WIB

Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, percaya bahwa Mahfud MD tidak akan menyalahgunakan wewenang dan kekuasaannya setelah menjadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo, karena masih menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Baca Juga:

Pemuda Indonesia Sasar 50 Persen Suara Milenial untuk Menangkan Anies-Imin

“Prof. Mahfud ini, komitmen untuk bangsa dan negara jauh lebih besar daripada pribadi dan keluarga. Oleh karena itu, tugas kenegaraan harus tetap dilaksanakan, dan hal itu tidak melanggar undang-undang,” kata Hasto kepada wartawan di Gedung ANRI, Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023.

Menurut Hasto, Mahfud MD akan dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan wewenang, tugas, dan kekuasaannya. Bahkan, Hasto menyatakan bahwa banyak harapan dari masyarakat agar Mahfud tetap dalam jabatannya sebagai Menko Polhukam untuk memastikan tidak ada penyalahgunaan kekuasaan oleh aparat pemerintahan.

Baca Juga:

Dapat Dukungan dari Yenny Wahid, Ganjar Pede Rebut Suara di Jatim

Menkopolhukam sekaligus bakal cawapres Mahfud MD

Foto:
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

“Malahan, masyarakat berharap agar Prof. Mahfud tetap sebagai Menko Polhukam karena beliau memiliki integritas tinggi dan tidak akan menyalahgunakan kekuasaannya, demi menjaga ketertiban,” ucap Hasto.

Baca Juga:

Prihatin Soal Dugaan Pelanggaran Etik 9 Hakim MK, PDIP: Hakim Harus Selesai dengan Urusan Keluarga

Hasto menjelaskan bahwa jika Mahfud MD melakukan kampanye, beliau akan mengajukan cuti. Setelah kampanye selesai, Mahfud bisa kembali menjabat sebagai Menko Polhukam yang baik guna mencegah penyalahgunaan kekuasaan, sehingga suara rakyat benar-benar menjadi yang paling berdaulat dalam menentukan pemimpin.

“Namun, di masyarakat juga akan ada anggapan bahwa ini merupakan kepemimpinan ganda, bagaimana tanggapan Anda? Ya, sama saja, kan ada Pak Prabowo sebagai Menteri Pertahanan, Pak Jokowi sebagai presiden yang anaknya juga menjadi calon wakil presiden. Yang penting adalah rakyat bersama-sama mengawasi agar kontestasi dapat berjalan dengan baik,” jelasnya

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU

Hasto kembali meyakini bahwa masyarakat sipil akan menjadi pengawas yang baik terhadap kemungkinan penyalahgunaan kekuasaan dalam pemilu.

“Kami yakin bahwa masyarakat sipil akan menjadi pengawas yang baik, sehingga tidak ada penyalahgunaan kekuasaan. Dan kami yakin bahwa Pak Ganjar dan Prof. Mahfud MD benar-benar berkomitmen untuk tidak menyalahgunakan kekuasaan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Sumber : VIVA/M Ali Wafa