Besok, Prabowo akan membuka Retreat Kabinet di Akmil Magelang.

by -17 Views

Kamis, 24 Oktober 2024 – 23:17 WIB

Magelang, VIVA – Presiden Prabowo Subianto tiba di kompleks Akademi Militer (Akmil), Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, pada Kamis, 24 Oktober 2024. Kedatangan Kepala Negara dalam rangka menghadiri retreat Kabinet Merah Putih.

Prabowo juga akan membuka langsung kegiatan pembekalan para menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih besok, Jumat, 25 Oktober 2024.
“Esok hari, Presiden Prabowo dijadwalkan membuka langsung Retreat Kabinet Merah Putih. Para menteri Kabinet Merah Putih juga akan menerima pembekalan sejumlah materi,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 24 Oktober 2024.

Prabowo dan jajaran Kabinet Merah Putih akan bermalam di kawasan Akademi Militer untuk melanjutkan kegiatan retreat keesokan harinya.

Retreat Kabinet Merah Putih menjadi salah satu agenda penting bagi para menteri, yang diharapkan dapat memperkuat kolaborasi dan koordinasi antar-kementerian di bawah pemerintahan Presiden Prabowo.
Presiden Prabowo mengatakan bakal mengajak para Menteri Kabinet Merah Putih ke Magelang untuk melaksanakan beberapa hari pembekalan dan koordinasi-koordinasi di kawasan Akademi Militer.
Prabowo menilai hal itu akan membawa banyak manfaat. Ia menyebut Indonesia lahir dengan perjuangan semangat proklamasi. Maka itu, ujian proklamasi berada di daerah-daerah di mana pejuang-pejuang melaksanakan perebutan kemerdekaan secara fisik.
“Dan daerah Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan; tahun dikenal sebagai darah perjuangannya Pangeran Diponegoro. Di antara lima gunung itu saya kira cukup membawa suatu aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta Tanah Air,” kata Prabowo saat Sidang Kabinet Paripurna pertama di Kantor Presiden pada Rabu, 23 Oktober 2024.

Sementara itu, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengatakan para Menteri Kabinet Merah Putih akan digembeleng oleh Presiden Prabowo di Magelang, Jawa Barat. Namun, ia mengatakan semua menteri tidak perlu takut untuk mengikuti pembekalan oleh Presiden Prabowo di Akmil Magelang.
“Tapi beliau bilang tidak usah takut, ini bukan ospek atau militerisme. Ini untuk kebersamaan, keguyuban, untuk melakukan team building dan untuk melakukan koordinasi-koordinasi antar-kementerian dan lembaga,” kata Hasan dikutip Kamis, 24 Oktober 2024.

Menurut dia, alasan Prabowo menggembeleng para pembantunya dalam kabinet di Magelang itu untuk memetik hikmah sebagai satu simbol perjuangan, simbol heroisme, sehingga para menterinya patriotik.