Kita Tunggu Nama Eko Masuk Bursa Calon Menteri, Kata PAN

by -429 Views

Minggu, 5 Mei 2024 – 19:59 WIB

Jakarta – Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, angkat bicara mengenai kemungkinan Politikus PAN Eko Patrio diangkat menjadi Menteri dalam Kabinet Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Saleh mengatakan, sampai saat ini, untuk kabinet Prabowo-Gibran masih dalam proses penyusunan.

“Baca Juga:
Zulhas Sebut Eko Patrio Bakal Jadi Calon Menteri”

“Politik itu dinamis. Penyusunan kabinet masih dalam proses. Partai-partai pendukung belum mengetahui posisi yang ditawarkan. Masih menunggu komposisi yang mungkin sedang difinalisasi,” kata Saleh, dalam keterangannya, Minggu, 5 Mei 2024.

Saleh mengatakan, PAN belum mengetahui posisi apa yang akan ditawarkan oleh Prabowo di Pemerintahannya. Namun, sejauh ini PAN telah menyiapkan sejumlah nama kader yang dinilai sanggup untuk masuk kabinet, dan salah satunya adalah nama Eko Patrio.

“Eko Patrio itu politisi senior. Sudah tiga periode menjabat di DPR. Sekarang terpilih lagi untuk periode keempat. Dari sisi pengalaman, tentu mas Eko pantas dan mumpuni jadi menteri,” ujar Saleh.

“Mendag Zulkifli Hasan Sebut Kolaborasi Jadi Kunci Atasi Pelambatan Ekonomi”

Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu mengatakan, jika dilihat dari sisi kepemimpinan, sosok Eko sudah sangat tepat menjabat sebagai Menteri. Untuk dunia bisnis, lanjut Saleh, Eko sudah tidak diragukan lagi dan sampai sekarang, bisnis yang dimiliki Eko di dunia entertainment berjalan dengan baik.

“Kalau di partai, jelas mas Eko menorehkan prestasi yang sangat baik. Sebagai ketua DPW PAN DKI, mas Eko berhasil memimpin PAN untuk meraih 10 kursi DPRD DKI dan 3 kursi DPR RI. Itu bukti kegigihan dan kesungguhannya dalam memimpin,” ujar Saleh.

Menurut Saleh, dalam kabinet Prabowo-Gibran nanti, pasti ada bidang di mana Eko dinilai sangat mampu menguasainya. Namun Saleh belum mengetahui apakah bidang tersebut akan ditawarkan pada Eko atau tidak.

“Sebagai partai pendukung, lanjutnya, PAN pasti akan menugaskan kader-kader terbaiknya di kabinet. PAN memiliki agenda besar untuk menyukseskan Prabowo. Dengan begitu, posisi dan arah perjuangan politik PAN benar-benar bermanfaat untuk masyarakat.

“Saya menilai, Mas Eko itu politisi yang baik. Dia sekretaris saya di Fraksi PAN. Banyak tugas di DPR yang sukses dilaksanakan. Ya, pantaslah kalau Ketum Zulhas menyebut namanya sebagai salah seorang calon menteri,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan atau Zulhas menyebut Eko Patrio yang merupakan kader dari partai PAN berpeluang menjadi calon menteri. Hal ini disampaikan Zulhas saat menjawab nama-nama kader yang berpotensi maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta.

Zulhas mulanya menyebut nama-nama yang akan maju di Pilgub Jakarta seperti Pasha Ungu, putrinya Zita Anjani, hingga Eko Patrio. Kemudian, setelah menyebutkan nama Eko, Zulhas melanjutkan ucapannya dan menyebut Eko berpeluang menjadi Menteri.

“Kalau Jakarta ada Zita, ada Pasha, ada Eko. Tapi kan Eko calon menteri ya,” kata Zulhas di Jakarta, Minggu, 5 Mei 2024.