Gerindra Klaim Prabowo Telah Menyiapkan Strategi untuk Mendanai Program Makan-Susu Gratis Senilai Rp 400 T

by -489 Views

Selasa, 31 Oktober 2023 – 22:14 WIB

Jakarta – Salah satu program yang dijanjikan Prabowo Subianto bila terpilih sebagai Presiden di Pilpres 2024, adalah makan siang dan susu gratis untuk bayi, siswa sekolah hingga asupan gizi bagi ibu hamil.

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Andre Rosiade, mengatakan program makan dan susu gratis itu realistis untuk dijalankan. Sebab, hal itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Berdasarkan Litbang Kompas, dibutuhkan biaya Rp 400 triliun per tahun untuk menjalankan program makan siang dan susu gratis tersebut. Andre mengatakan, pembiayaannya tersebut sudah disiapkan.

“Litbang Kompas sudah menyampaikan itu Rp 400 triliun lebih kebutuhannya (program makan susu gratis) per tahun. Nah itu realistis untuk dilakukan, dilaksanakan, karena apa? Tidak akan mungkin SDM Indonesia menjadi SDM berkualitas kalau ada stunting, gizi buruk melanda rakyat Indonesia,” kata Andre dalam tayangan Catatan Demokrasi di tvOne, Selasa, 31 Oktober 2023.

Mengenai biaya Rp 400 triliun yang dibutuhkan, Andre menyebut Prabowo dan tim ekonominya sudah mempersiapkan cara mendapatkan uang tersebut.

“Pak Prabowo dengan tim ekonomi sudah mempersiapkan cara (mendapatkan) uang Rp 400 triliun untuk membiayai program ini,” jelasnya.

Janji Prabowo: Berikan Makan-Susu Gratis

Sebelumnya diberitakan, bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto mulai mengumbar sejumlah janji jika menang dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Partai Gerindra tersebut dalam konsolidasi partai.

Prabowo Subianto berjanji akan ada program makan siang gratis dan susu gratis untuk siswa sekolah dasar hingga pondok pesantren. Menurut Prabowo, program pemerintah di masa Presiden Jokowi yang bagus dan bermanfaat akan terus dijalankan dan ditingkatkan.

“Selanjutnya kita harus, rencana kita memberi makan siang dan minum susu gratis untuk semua murid di sekolah negeri, sekolah swasta, pesantren, anak-anak balita dan bantuan gizi untuk ibu-ibu hamil,” kata Prabowo dalam siaran langsung di Kanal YouTube Gerindra TV, dikutip Kamis, 14 September 2023.

Prabowo Subianto menegaskan bahwa dirinya telah menyiapkan beberapa langkah strategis guna mewujudkan kebijakan-kebijakan tersebut. Dirinya juga mengaku telah berkomunikasi dan berdiskusi dengan sejumlah pakar.

“Nanti ada yang tanya, apakah bisa? Saudara-saudara, kita sudah hitung matematik. Sumber-sumbernya bisa, asal mau, mau gak berpihak kepada rakyat?” tanya Prabowo kepada seluruh hadirin yang hadir dalam acara Konsolidasi PBB.

Selengkapnya: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1520450-janji-prabowo-bayi-siswa-dan-ibu-hamil-dapat-makan-siang-dan-susu-gratis