Jokowi Mengirim Pesan Bahwa Dia Bersikap Netral

by -115 Views

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengundang tiga bakal calon presiden (capres) yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin, 30 Oktober 2023 siang. Ketiga bakal capres tersebut akan makan siang bersama Jokowi.

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali menyambut baik undangan tersebut. Menurutnya, undangan tersebut merupakan upaya positif dari Jokowi untuk menunjukkan bahwa dirinya netral pada Pilpres 2024.

“Terlepas apapun pro kontra yang beberapa minggu terakhir ini, kita lihat bahwa apa yang dilakukan Pak Jokowi hari ini sebagai suatu upaya, suatu langkah untuk mengirim pesan bahwa dia akan berlaku netral,” kata Ali kepada wartawan.

Ali juga menyebut bahwa sikap tersebut harus dilakukan oleh Jokowi sebagai seorang negarawan. Jokowi harus memperlakukan semua pasangan capres-cawapres dalam posisi yang sama.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa Anies, Prabowo, dan Ganjar akan bertemu dengan Jokowi di Istana. Pertemuan tersebut direncanakan pada siang hari dan tidak akan didampingi oleh masing-masing bakal calon wakil presiden (cawapres).

Hermawi Taslim, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, membenarkan adanya rencana pertemuan tersebut. Ia menyatakan bahwa Jokowi pernah menyatakan mendukung ketiga capres tersebut demi kebaikan bangsa.

Pertemuan ini diharapkan menjadi wujud dukungan Jokowi terhadap ketiga bakal capres.