Nelson Mandela – prabowo2024.net

by -118 Views

Nelson Rolihlahla Mandela adalah seorang tokoh pejuang anti-apartheid, Presiden Afrika Selatan (1994–1999), dan tokoh perdamaian dunia. Kebijakan politik apartheid memaksa penduduk kulit hitam untuk hidup terpisah dari kulit putih dengan segala pembatasan, seperti kepemilikan tanah dan perjalanan. Mandela lahir sebagai anak dari seorang ketua penasihat pimpinan keluarga Kerajaan Thembu, namun baru mengetahui kebijakan apartheid setelah duduk di bangku sekolah.

Ia meninggalkan universitas tanpa menyelesaikan gelarnya dan menjadi pejuang kemerdekaan penuh waktu. Pada tahun 1961, Mandela menyimpulkan bahwa tidak ada cara untuk mengakhiri rezim apartheid tanpa perjuangan bersenjata, sehingga dia ikut mendirikan sayap militer ANC. Pada tahun 1962, Mandela ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Mandela baru bebas pada tahun 1990 setelah Frederik Willem de Klerk menggantikan Botha. Tiga tahun setelah itu, Mandela dan de Klerk dianugerahi penghargaan Nobel Perdamaian. Ia terpilih menjadi presiden pertama melalui pemilu demokratis yang mengakhiri sistem apartheid. Setelah itu, Mandela menjalankan tugas-tugas kemanusiaan dan menjadi tokoh dunia.

Sumber: https://prabowosubianto.com/nelson-mandela/

Source link