Gibran Contoh Kerukunan Masyarakat di Singkawang, Soroti Juga UMKM

by -135 Views

Minggu, 17 Desember 2023 – 17:37 WIB

Singkawang – Gibran Rakabuming Raka melakukan kunjungan ke Kota Singkawang, Kalimantan Barat pada hari Minggu, 17 Desember 2023. Dia bertemu dengan masyarakat dari berbagai etnis dan agama yang tinggal di kota tersebut, di kediaman Keluarga Besar Marga Chai. Calon Wakil Presiden nomor urut 2 di Pilpres 2024 itu memuji kerukunan masyarakatnya.

Setelah pertemuan tersebut, Gibran memberikan apresiasi terhadap kerukunan masyarakat Kota Singkawang. Gibran, yang juga masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, menyatakan bahwa pemerintah Kota Solo menjadikan Kota Singkawang sebagai contoh untuk menjaga kerukunan antar masyarakat dan agama.

“Untuk masalah komunikasi antar etnis, antar tokoh agama, kami mengikuti Singkawang. Singkawang ini luar biasa, jadi percontohan,” ujar Gibran kepada wartawan.

Gibran berterima kasih karena sudah bisa bersilaturahmi dengan tokoh dan masyarakat Singkawang. Dia juga sempat melihat produk dan berbincang dengan para pelaku UMKM. Menurut Gibran, UMKM di Singkawang perlu inkubasi agar terus berkembang.

“Biar bisa dikawal dari A sampai Z. Produknya, kemasannya, digital marketingnya, brandingnya. Nanti bisa dicarikan off taker-nya,” kata putra sulung Presiden Jokowi itu.

Menurut Gibran, cara-cara tersebut ia tempuh untuk mengangkat UMKM di Kota Solo. “Kalau di Solo sudah sampai ekspor juga. Kita juga ikut pameran. Jadi harus ada inkubasinya,” kata Gibran.