Salah Satu Pemelihara Tradisi Budaya Indonesia

by -37 Views

Minggu, 5 Oktober 2024 – 21:38 WIB

Jakarta, VIVA – Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin hadir dan membuka Festival Palang Pintu ke-XVI di Kemang, Jakarta Selatan. Cak Imin mengapresiasi perhelatan festival budaya Betawi yang rutin diselenggarakan.

“Pagi ini kita bisa menghadiri momen yang dinantikan. Dan, ini menjadi kebanggaan Jakarta Selatan bahkan Jakarta, yaitu Festival Palang Pintu, yang merupakan ciri khas Kemang dan Jakarta Selatan,” kata Cak Imin, dalam keterangan pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Dia memuji festival yang diselenggarakan secara konsisten dan istiqamah. Cak Imin berharap agar festival palang pintu dapat menjadi destinasi bangsa.

“Hari ini merupakan keberhasilan. Dinantikan banyak pihak dan insyaallah akan menjadi salah satu destinasi harapan bangsa Indonesia,” lanjut Cak Imin.

Lebih lanjut, dia juga berharap Festival Palang Pintu Jakarta menjadi sarana untuk memperkuat dan membantu keberlangsungan berbagai kebudayaan asli Betawi. Ia menguraikan tiga tujuan digelarnya Festival tersebut.

Pertama, dapat merawat, menjaga, melanjutkan, dan mengimplementasikan nilai-nilai, ajaran, norma, seluruh kaidah, keteladanan yang menjadi kekuatan budaya Betawi. Lalu, menjadi ciri khas yang memberikan kontribusi bagi budaya bangsa sekaligus budaya Islam.

“Palang pintu telah menjadi salah satu kontributor penting untuk memperkaya, menguatkan, dan menjaga tradisi budaya Indonesia. Insya Allah nilai-nilai keagungan, nilai-nilai keteladanan, akan terpelihara sampai ila yaumil qiyamah,” ujar mantan Wakil Ketua DPR RI itu.

Kemudian, yang kedua adalah Festival Palang Pintu dan kegiatan budaya lainnya akan menambah aktivitas ekonomi dan hiburan. Ia menyatakan hal itu sangat produktif dan bermakna dalam menjaga kesehatan dan kebugaran masyarakat. Menurutnya, seni dan olahraga dapat menjadi satu kesatuan.

“Seluruh kelompok seni dan budaya terlibat dan menjadi bagian kontributor yang akan membantu perkembangan ekonomi rakyat kita,” katanya.

Ketiga, kata Cak Imin, Festival Palang Pintu dan semua kegiatan seni membawa nama bangsa ini menjadi harum. Ia mengatakan bangsa Indonesia akan terlihat kaya dengan berbagai keindahan dan budayanya.

“Insya Allah kita akan memberikan kontribusi untuk menjaga serta memperkenalkan Indonesia sebagai bangsa yang kaya keindahan dan budayanya. Tutur Cak Imin.

“Selamat atas penyelenggaraan Festival Palang Pintu ke-16. Semangat terus maju terus, kita laksanakan hingga akhir di Festival Kemang. Festival Palang Pintu,” ucap Cak Imin.