JK Diminta Atasi Kekumuhan, Ridwan Kamil Siapkan Program Bangun tanpa Merugikan

by -32 Views

Kamis, 5 September 2024 – 21:32 WIB

Jakarta, VIVA – Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) diminta oleh Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla atau JK untuk memperbaiki masalah kekumuhan di Jakarta.

Baca Juga:

Temui JK, Ridwan Kamil Ajak Gabung ke Tim Pemenangan Pilkada Jakarta?

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyebut bahwa masalah kekumuhan akan menjadi salah satu prioritasnya jika terpilih sebagai Gubernur Jakarta dalam Pilkada Serentak 2024.

“Mengatasi kekumuhan, itu yang akan menjadi prioritas saya,” ucap Kang Emil setelah bertemu dengan Jusuf Kalla di kawasan Brawijaya, Jakarta Selatan, pada Kamis, 5 September 2024.

Baca Juga:

KPU Minta Rano Karno Mundur Sebagai Anggota DPR RI Terpilih di Pemilu 2024

Kang Emil mengatakan bahwa untuk mengatasi masalah kekumuhan diperlukan inovasi arsitektural. Oleh karena itu, dia berencana untuk membuat program membangun rumah tanpa menggusur.

“Mengatasi kekumuhan mayoritas melibatkan inovasi arsitektural. Bagaimana membangun tanpa menggusur atau memindahkan. Itu akan menjadi pertimbangan saya untuk program-program ke depan,” kata RK.

Mantan Gubernur Jawa Barat tersebut menjelaskan bahwa persoalan perumahan dapat memiliki dampak besar dalam mengatasi masalah lain di Jakarta seperti kemacetan, polusi, dan masalah ekonomi.

Dia juga menyoroti tentang perumahan vertikal di Singapura dan Hongkong yang memiliki efek domino pada isu-isu ekonomi dan kemacetan.

“Jika perumahan dapat dibangun secara vertikal seperti di Singapura, Hongkong, maka dapat menyelesaikan banyak masalah, mulai dari jarak jauh, kemacetan, polusi, stres, dan masalah ekonomi yang muncul di kota ini. Jadi nasihatnya adalah untuk fokus pada kekumuhan, perumahan vertikal untuk rakyat,” pungkasnya.