Saya Lebih Unggul di Luar Pemerintahan

by -81 Views

Kamis, 25 April 2024 – 05:00 WIB

Yogyakarta – Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menegaskan akan tetap berada di luar pemerintahan sebagai penyeimbang, dan tidak berminat untuk bergabung dalam koalisi Prabowo-Gibran.

Penegasan itu disampaikan Ganjar Pranowo merespons keinginan Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih, untuk merangkul semua pihak, termasuk dengan para mantan rivalnya di Pilpres 2024.

“Saya memberikan mereka kesempatan menyusun kabinet, memberikan kesempatan partai koalisi mereka bersama-sama membentuk tim worknya, dan jauh lebih baik kalau saya ada di luar pemerintahan,” kata Ganjar Pranowo dalam perbincangan di tvOne, Rabu petang, 24 April 2024.

Menurut Ganjar, sikap untuk berada di luar pemerintahan merupakan bentuk penghormatan kepada pemenang pemilu agar leluasa dalam menyusun kabinet dan menjalani pemerintahan mendatang.

“Tentu ada orang yang ingin duduk dalam jabatan-jabatan strategis, dan saya kira dengan kita di luar, saya kira bisa lakukan kontrol, check and balances, dan itu akan bisa mengedukasi masyarakat,” ujarnya.

Meski demikian, mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengaku belum mengetahui sikap PDIP, partai yang mengusungnya sebagai capres, apakah akan berkoalisi dengan Prabowo-Gibran, atau sebaliknya berada di luar pemerintahan.

“Kalau partai nanti yang memutuskan, rencananya PDIP ada Rakernas untuk merespons ini (koalisi atau tidak), dan ini kan prosesnya masih panjang sampai Oktober. Tapi kalau tanya saya, saya berikan penghormatan kepada pemenang untuk menyusun kabinet dan akan sangat baik kalau saya tidak ada di dalamnya,” kata Ganjar.

Sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto menganggap kontestasi Pilpres 2024 telah usai, sekarang saatnya para elite saling merangkul dan bekerjasama untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

“Mari sama-sama kita berjuang untuk seluruh rakyat kita, sama-sama kita berjuang untuk secepat-cepatnya membawa kebaikan, peningkatan untuk rakyat kita,” kata Prabowo di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Rabu.

Ia kemudian mengingatkan bahwa rakyat, terutama anak-anak bangsa, tidak boleh tertinggal sehingga tidak menikmati hasil kemerdekaan. Menurut Prabowo, rakyat menuntut semua elite politik untuk bekerja sama dan berkolaborasi selama lima tahun mendatang.

“Untuk membawa kebaikan, untuk membawa kesejahteraan, untuk membawa kemakmuran, untuk menghilangkan kemiskinan, untuk menghilangkan kelaparan, untuk menghilangkan korupsi di bangsa Indonesia, ini tuntutan rakyat. Kita harus bersatu, kita harus rukun,” ujarnya.

Prabowo menambahkan kontestasi Pemilu 2024 telah selesai sehingga dirinya bersama Cawapres RI Gibran Rakabuming Raka berkomitmen akan berjuang untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Kami akan bekerja untuk seluruh rakyat Indonesia. Saya akan buktikan bahwa saya akan bekerja, berjuang untuk seluruh rakyat Indonesia, termasuk yang tidak memilih saya,” katanya.