Prabowo Gagas Pilot Project Rumah Panggung dan Terapung di Pantura, Digarap oleh Unhan

by -212 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah mengusulkan dan memerintahkan Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk melaksanakan proyek percobaan pembuatan rumah panggung dan terapung untuk mengatasi masalah permukaan air yang tinggi yang dihadapi oleh masyarakat.

“Ikut menugaskan Universitas Pertahanan untuk melaksanakan proyek percobaan pembangunan pemukiman murah di daerah yang terendam air,” kata Prabowo saat menjadi pembicara utama dalam seminar nasional dengan tema ‘Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall)’ di Jakarta, Rabu (10/1).

Lebih lanjut, Prabowo mengatakan bahwa dengan bantuan dari PT PAL, PT Len, dan para insinyur dari Universitas Pertahanan, saat ini telah ditemukan dua prototipe rumah terapung dengan harga sekitar Rp130 juta.

“Kita sudah menemukan 2 prototipe, rumah terapung yang nilainya 130 juta rupiah 1 rumah. Sudah termasuk sonar panel tenaga surya, dan septic tank. Jadi dia bisa hidup tanpa tergantung PLN dan dengan sanitasi yang bersih,” ucap Prabowo.

Proyek tersebut sudah dimulai, dan menurut Prabowo, pihaknya menganggarkan sebesar Rp150 juta untuk proyek tersebut. Ia berharap dengan adanya program ini, masyarakat Indonesia yang tinggal di Pantura dapat hidup layak.

Selain itu, Menteri Kelautan dan Perikanan disebutkan oleh Prabowo juga telah melakukan program serupa dengan membangun desa nelayan. Prabowo juga berharap agar dapat muncul proyek-proyek serupa di wilayah lainnya.

“Dengan harapan nanti tokoh-tokoh, pengusaha dan lainnya jika ingin membantu, mungkin bisa ikut dalam proyek ini. Saya juga mendorong kementerian-kementerian lainnya untuk ikut mendukung dengan regulasi dan sebagainya agar kita segera mengubah kualitas hidup rakyat kita,” tambah Prabowo.

Prabowo juga mendukung realisasi giant sea wall di Pantura bersama menteri lainnya untuk mencegah dampak banjir rob terhadap warga.

“Kita harus mengumpulkan otak-otak terbaik bangsa. Percepat pembangunan giant sea wall,” ujarnya. (SENOPATI)

Source link