Bawaslu Menerima Laporan Tentang Truk Distribusi Logistik Pemilu yang Tidak Diawasi

by -112 Views

Bawaslu RI mengingatkan KPU RI untuk memantau distribusi logistik pemilu 2024 ke daerah di luar Provinsi DKI Jakarta. Hal ini karena baru-baru ini Bawaslu menerima laporan adanya pengiriman logistik KPU tanpa pengawalan dan pemandu.

“Baru saja ada laporan pengiriman logistik KPU tanpa adanya pengawalan. Hanya ada satu sopir dan truk yang ditinggalkan untuk mencari alamat gudang KPU. Ini baru satu laporan,” kata Ketua Bawaslu Rahmat Bagja di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Desember 2023.

Bagja mengungkapkan bahwa lokasi tujuan logistik tersebut tidak jauh dari wilayah DKI Jakarta, sehingga pihaknya meminta KPU untuk memastikan hal serupa tidak terulang. Dia juga mengingatkan KPU untuk selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat agar distribusi logistik pemilu dapat berjalan aman hingga ke pos TPS yang terpencil sekalipun.

“Jadi, walaupun logistiknya bukan surat suara, itu menandakan akan terjadi permasalahan jika teman-teman KPU tidak terbuka dan tidak menghubungi aparat keamanan setempat,” imbuhnya.