Hanya 20 Persen APBN Digunakan untuk Bangun IKN, Sisanya Dibiayai Swasta

by -100 Views

Minggu, 23 Desember 2023 – 05:05 WIB

Jakarta – Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menjawab pertanyaan panelis pada Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 tentang bagaimana tata kelola keuangan APBN dalam menyelaraskan pembangunan infrastruktur.

Gibran menjelaskan bahwa tidak semua APBN digunakan untuk pembiayaan pembangunan, melainkan hanya sebesar dua puluh persen dari APBN, sisanya berasal dari swasta dan investor luar negeri.

“Contohnya IKN (Ibu Kota Nusantara) yang digunakan hanya 20 persen, sisanya investasi dari swasta dan luar negeri,” jelas Gibran menjawab pertanyaan panelis dalam Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 di JCC, Jumat 22 Desember 2023.

Selain itu, Gibran menyatakan bahwa masih ada tugas penting yang patut dikerjakan oleh pemerintahan selanjutnya yaitu dengan membentuk Lembaga Badan Penerimaan Negara agar penerimaan negara nantinya bisa meningkat dan akan berpengaruh pada nilai rasio pendapatan pajak.

“Untuk itu, kami akan membentuk lembaga Badan Penerimaan Negara yang dikomandoi langsung oleh Presiden agar bisa lebih fleksibel dan meningkatkan rasio pajak, sehingga penerimaan negara bisa kita gunakan untuk pendidikan, kesehatan, dan lain-lain,” jelasnya.