Prabowo-Gibran Berpotensi Menang di Jatim Berkat Modal Elektoral Kuat

by -100 Views

Rabu, 20 Desember 2023 – 19:50 WIB

Jakarta – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinilai memiliki potensi untuk menang di Jawa Timur. Salah satu alasan utamanya adalah karena pasangan yang didukung Koalisi Indonesia Maju ini memiliki basis elektoral yang kuat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Guru Besar Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga (Unair), Profesor Kacung Marijan. Bagi Profesor Kacung, hal ini tak lepas dari dukungan besar yang diterima oleh Prabowo-Gibran.

“Prabowo Gibran sampai sejauh ini memiliki dukungan besar dari masyarakat Jawa Timur. Karena keduanya berhasil membangun hubungan dengan baik,” kata Prof Kacung, dalam keterangannya yang dikutip pada Rabu, 20 Desember 2023.

Menurut analisisnya, Prabowo adalah calon presiden terkuat di wilayah Jatim. Dia menyampaikan bahwa Prabowo telah melakukan investasi politik dengan sering mengunjungi, menemui, dan mendengarkan langsung setiap keluhan warga Jatim.

Selain itu, ia juga menyinggung dukungan sejumlah tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang bergabung di Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ia menyebut dukungan dari tokoh NU ini dapat memperkuat keterpilihan Prabowo di Jatim.

“Sebab, dukungan NU terhadap Prabowo-Gibran tentu merupakan modal elektoral sangat kuat,” ujar Prof Kacung.

Lebih lanjut, dia menyebut keberadaan organisasi masyarakat keagamaan NU yang memiliki basis massa di Jatim dan bergabungnya sejumlah tokoh NU semakin menguatkan elektabilitas Prabowo-Gibran.

Dari hasil survei Poltracking Indonesia pada periode 29 November-5 Desember 2024 dalam simulasi wilayah di Jatim, elektabilitas duet Prabowo-Gibran sangat tinggi.

“Itu menjadi bukti, Prabowo-Gibran memiliki dukungan besar di Jawa Timur,” tutur Prof Kacung.