Prabowo-Gibran Memimpin, Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin Seimbang

by -101 Views

Senin, 11 Desember 2023 – 16:48 WIB

Jakarta – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, kembali unggul dalam elektabilitasnya berdasarkan hasil lembaga survei. Hasil terbaru dari Populi Center menempatkan Prabowo-Gibran dalam posisi teratas.

Survei tersebut dilakukan pada tanggal 28 November hingga 5 Desember 2023. Elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mencapai 46,7 persen. Sementara itu, elektabilitas kedua pasangan calon, yakni Ganjar Pranowo – Mahfud MD dan Anies Baswedan – Muhaimin, memiliki elektabilitas yang sama, yaitu 21,7 persen.

Adapun sebesar 8,1 persen responden masih belum memutuskan, dan 1,8 persen responden menolak untuk menjawab. Manajer riset dari Populi Center, Dimas Ramadhan, menyatakan bahwa dari ketiga pasangan calon, hanya pasangan nomor urut 2 yang mengalami peningkatan elektabilitas dibanding survei sebelumnya.

Dimas juga menambahkan bahwa Prabowo-Gibran mendominasi dalam sebelas kategori akseptabilitas yang ditanyakan. Elektabilitas pasangan nomor urut 2 ini juga mengalami peningkatan dalam dukungan dari kaum milenial, tambahan dukungan dari pemilih NU, dan pemilih Presiden Jokowi. Di sisi lain, elektabilitas pasangan calon lainnya mengalami penurunan.

Survei Populi Center dilakukan terhadap 1.200 responden dari 38 provinsi Indonesia selama periode 28 November – 5 Desember 2023. Survei nasional ini menggunakan metode acak bertingkat, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sekitar 2,83 persen.

Sumber: viva.co.id