Prabowo, Ganjar, dan Anies Mewakili Tanpa Catatan Pelanggaran HAM

by -264 Views

Komisioner Komnas HAM periode 2012-2017, Natalius Pigai menyatakan bahwa calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto bersih dari dugaan kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Menurut Pigai, setelah hasil penyelidikan Komnas HAM, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Prabowo terlibat dalam pelanggaran HAM.

Pigai juga menyatakan bahwa calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, dan calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo juga tidak terlibat dalam dugaan pelanggaran HAM. Dengan demikian, ketiga pasangan calon presiden dinyatakan bersih dari isu dugaan pelanggaran HAM untuk kontestasi Pemilu Presiden 2024.

Hasil penyelidikan Komnas HAM juga telah diakui oleh Pigai, yang menyatakan bahwa laporan resmi yang diterbitkan tidak mencantumkan nama Prabowo atau keterlibatan pasangan calon presiden lainnya. Dengan demikian, kesimpulan dari hasil penyelidikan tersebut menegaskan bahwa Prabowo, Ganjar, dan Anies dinyatakan bersih dari dugaan pelanggaran HAM.

Artikel ini juga menyebutkan bahwa pigai menegaskan kesimpulan tersebut dalam sebuah acara di Media Center Prabowo-Gibran di Jakarta Selatan pada Senin, 11 Desember 2023.