Pesan Gus Dur Dikenang, Kiai Sepuh Ponpes Cipasung Tetap Mendukung Prabowo

by -275 Views

Selasa, 5 Desember 2023 – 23:51 WIB

Jakarta – Pondok Pesantren (Ponpes) Cipasung di Tasikmalaya, Jawa Barat, menjadi salah satu titik yang dikunjungi Calon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto saat kampanye perdananya. Usai kunjungan Prabowo, Ketua Dewan Pembina Pondok Pesantren Cipasung K.H Koko Komarudin Ruhiat menyatakan dukungannya terhadap Prabowo.

Kiai Komarudin Ruhiat menuturkan, pilihannya mendukung Prabowo karena mengingat pesan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) soal pemimpin yang tulus ikhlas membela rakyat.

Dia mengatakan, dalam suatu kesempatan, Gus Dur pernah menyatakan bahwa Prabowo Subianto sosok paling ikhlas untuk Indonesia. Pernyataan Gus Dur itu disampaikan menjawab pertanyaan siapa sosok paling ikhlas di Indonesia menurut Gus Dur.

“Saya sangat memperhatikan apa yang disampaikan Gus Dur, dalam hal pemimpin yang tulus ikhlas untuk Indonesia, ya Pak Prabowo,” tutur Kiai Komarudin Ruhiat, Selasa, 4 Desember 2023

Sosok paling sepuh di Ponpes Cipasung ini mengaku keluarga besar Cipasung sangat terbuka untuk semua capres-cawapres yang ingin bersilaturahim. Keterbukaan Ponpes Cipasung menerima seluruh kehadiran capres-cawapres untuk kepentingan bangsa dan negara serta demi aspirasi umat Islam dan ponpes.

Menurutnya, seluruh keluarga besar Cipasung sangat mungkin memiliki perbedaan pilihan di Pilpres 2024. Kiai Koko Komarudin Ruhiat menegaskan, hal itu sebagai hal yang wajar.

“Khusus saya sebagai sesepuh, yang paling sepuh, tentu juga punya pilihan berdasarkan pertimbangan lahir dan batin saya. Semua ini untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” tegas kakak dari Pengasuh Ponpes Cipasung, Kiai Ubaedillah ini.

Kiai Koko Ruhiat juga mengaku dukungannya untuk Prabowo sudah dikomunikasikan kepada para ulama sepuh dan Habib Luthfi bin Yahya sendiri yang juga menyatakan dukungan pada pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Saya pribadi dan keluarga lebih cenderung menyambungkan aspirasi harapan Indonesia agar bertambah maju bersama Pak Prabowo. Semoga Pak Prabowo senantiasa sukses terpilih menjadi Presiden Indonesia dan mampun menjadi pemimpin yang tegas, arif bijaksana, menjadi panutan bagi rakyat Indonesia,” tegas Ajengan Koko.

Halaman Selanjutnya
“Khusus saya sebagai sesepuh, yang paling sepuh, tentu juga punya pilihan berdasarkan pertimbangan lahir dan batin saya. Semua ini untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” tegas kakak dari Pengasuh Ponpes Cipasung, Kiai Ubaedillah ini.