Jutaan buruh memenuhi dukungan penuh untuk Ganjar-Mahfud

by -122 Views

Senin, 27 November 2023 – 00:00 WIB

Jakarta – Massa buruh Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) resmi mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. KSBSI siap mengawal pemenangan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 tersebut.

Ribuan buruh hadir dalam deklarasi tersebut dengan kompak meneriakan yel-yel dan semangat mendukung Ganjar-Mahfud. Hadir dalam deklarasi tersebut, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid, Wakil Ketua TPN Andi Gani Nena Wea. Lalu, Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban.

KSBSI merupakan salah satu konfederasi buruh terbesar di Indonesia karena memiliki jutaan anggota buruh. Untuk mendukung Ganjar, KSBSI membentuk organ pemenangan Ganjar-Mahfud yaitu ‘Solidaritas Buruh Indonesia For Ganjar Mahfud’.

Elly dalam kesempatan itu juga ditunjuk jadi salah satu jajaran Wakil Ketua Umum TPN Ganjar-Mahfud. Dengan bergabungnya Elly, poros Ganjar-Mahfud kini memiliki dua kekuatan besar massa buruh.

Sebelumnya, Andi Gani yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) sudah merapat ke Ganjar-Mahfud.

Elly menyampaikan pihaknya sudah melakukan kajian sehingga memutuskan untuk mendukung Ganjar-Mahfud. Baginya, pasangan Ganjar-Mahfud dinilai mampu mewujudkan reformasi politik hukum ketenagakerjaan di Indonesia.

“Dilihat dari visi-misi, pasangan Ganjar dan Mahfud yang paling berani mensejahterakan tanpa korupsi, kolusi, dan nepotisme dengan jalan memperbaiki UU Cipta Kerja Klaster Ketenagakerjaan,” ujar Elly, dalam keterangannya.

Dia juga meyakini Ganjar-Mahfud bisa mereformasi 10 UU di bidang ketenagakerjaan. Hal itu sebagaimana yang dituangkan pihaknya dalam naskah Peta Jalan Reformasi Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia.

Elly memastikan akan berjuang penuh mendukung Ganjar-Mahfud. Sebab, jutaan pekerja di Indonesia harus diperjuangkan hak-haknya.

Adapun, Arsjad Rasjid mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh KSBSI. Menurut dia, dukungan dari KSBSI ini semakin menambah kekuatan bagi Ganjar-Mahfud.

Arsjad menambahkan, ada beberapa kegelisahan yang dititipkan buruh kepada Ganjar-Mahfud. Pertama, persoalan upah. Kedua, biaya hidup. Ketiga, lapangan pekerjaan.

“Sementara, Andi Gani menambahkan, dukungan dari KSBSI semakin memperkuat jutaan buruh di Indonesia mendukung pasangan Ganjar-Mahfud. Sebelumnya, KSPSI pimpinan Andi Gani telah lebih dulu mendukung Ganjar-Mahfud.”