Fokus pada Hukum, Hak Asasi Manusia, Korupsi, dan Birokrasi

by -208 Views

Rabu, 22 November 2023 – 10:28 WIB

Jakarta – Mahfud MD meminta kepada Ganjar Pranowo untuk tidak hanya menjadi cadangan ketika menjadi wakil presiden. Dia ingin fokus pada beberapa masalah seperti hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Hal ini disampaikan secara langsung oleh Mahfud kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Ketika ditawari menjadi cawapres oleh Ganjar Pranowo, Mahfud memastikan bahwa jika terpilih menjadi wakil presiden, fokusnya akan hanya pada penegakan hukum.

“Sudah diputuskan, Pak Mahfud akan mengurusi masalah hukum, pelanggaran HAM, korupsi, birokrasi yang carut marut, aparat penegak hukum polisi, jaksa, dan lain-lain. Saya akan menjadi cawapres,” ujar Mahfud MD saat berbicara dengan Megawati pada Rabu, 22 November 2023.

Mahfud juga menjelaskan kepada Megawati bahwa ia akan menyampaikan hal yang serupa kepada Ganjar Pranowo. Dia tidak ingin menjadi wakil presiden yang tidak jelas arahnya.

Selain itu, Mahfud juga menyebutkan siapa sosok pertama yang mendorongnya maju sebagai calon wakil presiden. Saat menghadiri rapat konsolidasi Partai Hanura pada tanggal 21 November 2023, Mahfud ditawari oleh Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) untuk menjadi cawapres Ganjar.

Setelah percakapan dengan OSO, Mahfud merasa yakin untuk maju sebagai cawapres. Pasangan Ganjar-Mahfud telah resmi maju di Pilpres 2024 nanti dan mendapatkan nomor urut 3.