Bawaslu Tidak Menemukan Ajakan Memilih Pasangan Calon Prabowo-Gibran di Acara Desa Bersatu

by -131 Views

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja, mengatakan bahwa tidak ada ajakan untuk memilih pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di acara Desa Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, pada Minggu, 19 November 2023. Gibran Rakabuming Raka memang sempat hadir dan bersilaturahmi dengan perangkat desa dalam acara tersebut. Bagja menyebut bahwa pihaknya akan mendalami kembali video terkait acara Desa Bersatu itu, termasuk meneliti laporan dari pengawas yang ada di lokasi saat acara berlangsung.

Bagja juga menyatakan bahwa perangkat desa berpotensi melakukan pelanggaran jika terlibat dalam kampanye politik pasangan capres-cawapres. Tim kampanye tidak diperkenankan melibatkan aparat desa demi mendulang suara. Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka menghadiri acara Desa Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK) pada Minggu, 19 November 2023. Gibran menyatakan menerima dan menyiapkan solusi untuk aspirasi dan masukan masyarakat desa dalam acara tersebut.

Gibran juga enggan memberikan komentar mengenai dukungan para perangkat desa kepada dirinya pada Pemilu Presiden 2024, dan lebih fokus pada menyiapkan solusi untuk masalah masyarakat desa. Bagja menegaskan bahwa tim kampanye tidak boleh melibatkan aparat desa demi mendulang suara, dan bahwa hal tersebut merupakan pelanggaran jika terjadi.