KPU Menetapkan Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud, dan Prabowo-Gibran Sebagai Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden

by -136 Views

Senin, 13 November 2023 – 16:18 WIB

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden sebagai kontestan Pilpres 2024. Penetapan tersebut dilakukan setelah KPU melakukan verifikasi dokumen dan tes kesehatan.

Tiga pasangan calon tersebut adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sebelum pengumuman penetapan, KPU telah melakukan rapat pleno secara tertutup.

“Ketiga pasangan calon Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinyatakan telah memenuhi syarat sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta pemilu 2019,” kata Anggota KPU Idham Holik di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden tersebut telah mendaftar ke KPU antara tanggal 19 Oktober hingga 25 Oktober 2023. Mereka juga telah menjalani tahapan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Anies-Muhaimin yang didukung Koalisi Perubahan untuk Persatuan mendaftar pada Kamis, 19 Oktober 2023 sekitar pukul 09.38 WIB. Pasangan ini diusung oleh Nasdem, PKB, dan PKS.

Selanjutnya, pasangan Ganjar-Mahfud mendaftar ke KPU pada 19 Oktober 2023, sekitar pukul 11.10 WIB. Mereka didukung oleh PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura.

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran mendaftar ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023, sekitar pukul 10.14 WIB. Mereka diusung oleh Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, PBB, Gelora, Garuda, dan Prima.