Bertarung untuk Kemerdekaan: Perjuangan Palestina Melawan Terorisme

by -141 Views

Politisi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka, menegaskan bahwa perjuangan rakyat Palestina adalah untuk mencapai kemerdekaan. Oleh karena itu, dia menyangkal bahwa perang Israel dan Hamas yang tengah terjadi saat ini berhubungan dengan isu terorisme.

“Kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan karena itu, penjajahan di dunia harus dihapuskan. Hal ini bertentangan dengan kemanusiaan dan keadilan,” kata Rieke mengutip pembukaan UUD 1945 terkait hal ini.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyatakan bahwa perang Israel dan Hamas dapat membangkitkan sel-sel teroris yang terafiliasi di Indonesia. Oleh karena itu, dia menginstruksikan jajarannya untuk mewaspadai dampak eskalasi konflik global terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat di dalam negeri.

“Beberapa waktu yang lalu, dampak dari perang Israel-Palestina tentu juga membangkitkan sel-sel yang terafiliasi dengan teroris dan kita harus waspada,” kata Sigit usai Apel Kepala Satuan Wilayah Polri di Jakarta pada Rabu, 1 November 2023.

Sigit menjelaskan bahwa hingga saat ini, Polri telah menangkap 59 orang terduga teroris dan akan terus mengambil langkah-langkah untuk mencegah terjadinya aksi terorisme. Dia juga telah menugaskan jajarannya untuk mengawasi dengan ketat wilayah-wilayah yang diduga menjadi sarang tidur bagi kelompok teroris.

Menanggapi hal ini, Rieke menyatakan bahwa dia tidak sependapat jika tragedi kemanusiaan di Gaza dianggap berpotensi membangkitkan terorisme. Menurutnya, tragedi kemanusiaan tersebut telah mendapatkan simpati dan kecaman dari seluruh dunia.

“Saya harap tragedi kemanusiaan di Gaza tidak dinilai berpotensi membangkitkan terorisme,” tegasnya.

Rieke juga mengatakan bahwa perjuangan kemerdekaan bagi rakyat Palestina merupakan bagian dari amanat konstitusi Indonesia dan sesuai dengan amanat para pendiri bangsa.

“Saya harap dengan rendah hati bahwa siapapun jangan menggunakan tragedi kemanusiaan di Gaza sebagai pengalihan isu, terutama terkait polemik konstitusi di Mahkamah Konstitusi akhir-akhir ini,” ujarnya.