Respon Jokowi Mengenai Aksi Penurunan Atribut dan Baliho PDIP di Bali

by -136 Views

Rabu, 1 November 2023 – 11:38 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi kontroversi penurunan atribut dan spanduk PDIP di sepanjang jalan yang akan dilalui rombongan presiden. Jokowi menegaskan bahwa semua aparatur sipil negara (ASN) harus bersikap netral, termasuk satpol PP dan pemerintah daerah.

“Dalam hal ini, saya mendapatkan informasi dari gubernur provinsi Bali mengenai pemindahan atribut partai di lokasi di mana saya datang. Ini perlu saya sampaikan bahwa pemerintah daerah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, pemerintah kota, dan pemerintah pusat harus bersikap netral. ASN semua harus bersikap netral, TNI semua harus bersikap netral, dan Polri semua harus bersikap netral,” kata Jokowi di Kawasan IKN, Kalimantan Timur, pada Rabu, 1 November 2023.

Presiden menekankan bahwa pencopotan atribut harus meminta izin terlebih dahulu kepada pengurus partai, dalam hal ini PDIP, di daerah.

“Oleh karena itu, pemindahan beberapa atribut partai seharusnya pemerintah kabupaten, kota, dan provinsi meminta izin kepada pengurus partai di daerah. Berkomunikasi dengan pengurus partai di daerah,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, komunikasi tersebut sangat penting agar tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat memicu konflik.

“Artinya harus ada komunikasi, minta komunikasi dengan pengurus partai, izin dengan pengurus partai di daerah, supaya tidak terjadi miskomunikasi,” kata Jokowi.

Jokowi juga menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah untuk menangani atribut atau spanduk partai politik yang melanggar aturan tata kota.

“Iya, itu semua menjadi urusan pemerintah daerah,” tambahnya.