Pertemuan Antara Gibran Rakabuming, Mahfud MD, dan Cak Imin dengan Wakil Presiden Maruf Amin

by -141 Views

Senin, 30 Oktober 2023 – 15:22 WIB

Jakarta – Tidak hanya calon presiden yang diundang untuk makan siang di Istana. Tetapi juga calon wakil presiden atau cawapres akan diundang. Namun, untuk cawapres, mereka akan bertemu dengan Wakil Presiden KH Maruf Amin. Sedangkan capres sudah diajak makan siang hari ini, di mana Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto dijamu makan siang oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka.

Ganjar Pranowo, yang merupakan capres dari PDIP dan didukung oleh PPP, Hanura, dan Perindo, mengatakan bahwa ketiga calon wakil presiden (cawapres) akan diundang untuk bertemu dengan Wapres Maruf Amin. Ketiga cawapres tersebut adalah Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD, dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Pertemuan itu diungkapkan Ganjar setelah menghadiri acara undangan makan siang bersama tiga capres lainnya, yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Ketiganya hadir memenuhi undangan dari Presiden Joko Widodo.

“Kalau tidak salah besok akan ada undangan cawapres akan bertemu dengan Wapres,” kata Ganjar kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Senin, 30 Oktober 2023.

Namun, Ganjar belum bisa memastikan kapan waktu pertemuan antara ketiga calon wakil presiden yang akan bertarung di Pilpres 2024 dengan Maruf Amin.

“Ya enggak tahu (kapan) nanti biar diatur. Kemarin saya coba komunikasi,” kata Ganjar.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengundang tiga bakal calon presiden yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiganya diundang makan siang bersama di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Senin, 30 Oktober 2023 siang.

Dalam pertemuan tersebut, terlihat suasana yang sangat akrab antara Jokowi dengan ketiga calon presiden tersebut. Jokowi dan ketiga calon presiden satu meja di Istana Merdeka.

Terlihat Jokowi duduk di sisi barat meja, Ganjar berada di sebelah kanan Jokowi lalu di sebelah kiri ada Prabowo, dan di depannya ada Anies. Keempat orang itu duduk melingkar di meja makan pada salah satu ruangan di Istana Merdeka Jakarta.

Mereka tampak berbagi makanan dengan memutar meja makan itu. Kemudian yang terlihat menu makanan keempat orang penting tersebut adalah lontong, nasi, rolade ayam, ayam bumbu kecap, hingga tahu bacem.

“Ya makan,” ujar Ganjar kepada wartawan.

Tampak pula, Presiden Jokowi mengenakan batik bermotif dengan warna dominan biru putih, Ganjar dengan batik bermotif berwarna merah dengan gradasi putih, Anies dengan warna coklat tua dibalut putih, dan Prabowo memakai batik dengan motif berwarna dominan coklat muda. Setelah itu acara makan siang pun digelar secara tertutup.