Gibran Siap Maju sebagai Cawapres, Butet Kartaredjasa Merasa Sedih dengan Awal Bencana Moral

by -144 Views

Selasa, 24 Oktober 2023 – 03:24 WIB

Jakarta – Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah mengumumkan siap untuk mengusung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Rencananya, duet Prabowo-Gibran ini akan mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu besok, 25 Oktober 2023.

Budayawan Yogyakarta Butet Kartaredjasa angkat bicara mengenai pemilihan putra sulung Jokowi menjadi calon wakil presiden Prabowo. Butet menyatakan rasa sedihnya atas keputusan Gibran menerima tawaran untuk menjadi calon wakil presiden Prabowo. Baginya, keputusan Gibran maju sebagai calon wakil presiden Prabowo akan berdampak pada citra Jokowi. Selain itu, Butet juga memprediksi bahwa keputusan Gibran ini akan menjadi awal bencana moral.

Ia menyatakan rasa sedihnya atas langkah politik Gibran yang menunjukkan keseriusan untuk maju sebagai kontestan dalam Pilpres 2024. “Sedih. Sedih sekali. Ini adalah awal dari bencana moral yang menggoyahkan legacy Pak Jokowi sebagai role model pemimpin yang baik,” kata Butet kepada wartawan, Senin, 23 Oktober 2023.

Butet juga menganggap bahwa Gibran masih kurang pengalaman untuk maju sebagai calon wakil presiden. Dia menyarankan agar Gibran dapat menyelesaikan tugas dan kewajibannya sebagai Wali Kota Solo. Menurut Butet, Gibran baru menjabat selama dua tahun sejak Februari 2021. Butet mempertanyakan pengalaman apa yang dimiliki Gibran hingga ingin maju sebagai calon wakil presiden. “Berpengalaman hanya dua tahun. Dua tahun saja pengalaman. Setidaknya selesaikan tugas dan kewajibannya selama lima tahun,” ujar Butet.

Diketahui bahwa Poros KIM telah mengumumkan Gibran sebagai calon wakil presiden Prabowo pada Minggu, 22 Oktober 2023. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Prabowo dari kediamannya di Kertanegara, Jakarta. Saat pengumuman, Prabowo didampingi oleh para ketua umum partai politik anggota KIM.

Halaman Selanjutnya

Dia mengatakan bahwa Gibran baru menjabat selama dua tahun lebih sejak Februari 2021. Butet mempertanyakan pengalaman apa yang dimiliki Gibran hingga ingin maju sebagai calon wakil presiden.